Iran dan Mesir Angkat Harga Minyak Dunia

 
NEW YORK, Harga minyak mentah berjangka naik untuk pertama kali dalam kurun waktu 4 hari. Ini disebabkan adanya kekhawatiran pasokan minyak akan terganggu karena sanksi baru yang diberlakukan terhadap Iran dan aksi protes di Mesir. Detailnya, AS, Inggris dan Kanada memperluas tindakannya untuk menggagalkan program nuklir Iran. Sedangkan, para demostran berkumpul di Tahrir Square untuk hari kelima meminta agar Kabinet setempat mundur. Aksi ini merupakan protes terhadap bentrokan mematikan antara pasukan keamanan dan para demonstran.
Kondisi tersebut membuat minyak mentah berjangka naik 1,1 persen. "Adanya sanksi baru untuk Iran dan para perusuh yang kembali ke jalan-jalan di Kairo, mengingatkan kita akan risiko geopolitik yang mempengaruhi pasar ini (minyak mentah)," ujar Michael Wittner, Kepala Peneliti Pasar Minyak Societe Generale SA, di New York, Selasa (22/11/2011) waktu setempat.
Menurut dia, risiko geopolitik tidak akan pernah terlewatkan, dan bisa menjadi penentu pertama dari kondisi pasar. Minyak mentah berjangka untuk pengantaran Januari naik 1,09 dollar AS menjadi 98,01 dollar AS per barrel di Nymex. Minyak ini diperdagangkan pada kisaran harga 96,55 dollar AS-98,70 dollar AS.
Sementara itu, pada penutupan pasar, American Petroleum Institute mengumumkan bahwa pasokan minyak mentah AS turun 5,57 juta barrel menjadi 335,7 juta pada minggu lalu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

CLOCK

YM

Info Bisnis