Pare, Kampung Inggris di Jawa Timur



Desa kecil bernama Tulungrejo,di daerah Pare, Kediri, Jawa Timur memiliki banyak tempat kursus bahasa Inggris. Pelopornya adalah Mr. Kalend Osen.
Tempat kursus di sini memiliki spesifikasi atau keunggulan sendiri-sendiri. Ada yang khusus untuk program speaking, TOEFL, atau Grammar. Tapi juga ada yang menggabungkan semuanya. Oya, untuk TOEFL rekomendasinya adalah Elfast.
Kursus di Pare dimulai tanggal 10 dan 25 setiap bulannya. Untuk program 1 bulan dimulai hanya setiap tanggal 10. Harga kursus di sini sangat murah. Mulai dari Rp 25.000 (program 2 mingu)-150.000 (program 1 bulan). Kursus biasanya dilaksanakan 5 hari, senin-jum’at. Untuk satu program umumnya memiliki 2 kali pertemuan, yaitu main class dan study club. Main class membahas teori dan study club berisi latihan soal terkait teori yang disampaikan pada main class. Tapi tidak menutup kemungkinan pada study club juga disampaikan teori. Sehingga jika Anda mengikuti sebuah program, maka Anda akan masuk 2x sehari.
Jika ingin privat juga bisa. Hubungi langsung guru yang diinginkan. Jika belum tahu, bisa tanya teman-teman yang sudah lebih dulu di Pare atau menghubungi tempat kursusnya. Pada tahun 2008, biayanya sekitar Rp 100.000, untuk 20x pertemuan.
Guru-guru yang mengajar sebagian besar bukan penduduk asli Pare karena warga asli banyak yang merantau keluar Pare. Di sini, kita akan dipanggil dengan sebutan Miss atau Mister. Para pengajar terkadang bukan berasal dari disiplin ilmu bahasa Inggris. Ada yang dari PAI bahkan filsafat.
Biaya hidup di Pare terbilang murah. Untuk makan, kita bisa menikmati nasi + sayur + sepotong ayam goreng seharga Rp 3.000. untuk tempat tinggal berkisar Rp 85.000-150.000 dengan fasilitas tempat tidur, bantal, dan air minum.
Kos-kosan di Pare ada dua jenis, non English area dan English area (camp). Non English area layaknya seperti kos-kosan biasa. Tidak ada program dan tidak ada tentor. Camp memiliki program belajar sehabis maghrib dan subuh dan selama 24 jam wajib berbicara dalam bahasa Inggris. Jika melanggar maka akan dikenai hukuman, baik berupa hafalan vocabulary maupun membayar sejumlah uang yang disepakati. Camp memiliki seorang tentor yang bertugas menjadi pendamping para penghuni camp. Namun seringkali kenyataan tidak seperti yang diinginkan. Kebanyakan Camp tidak bisa menerapkan idealisme itu. Tidak semua anak mau berbicara dalam bahasa Inggris. Karena mereka belum mampu atau memang malas; tidak disiplin.
Di desa ini hampir semua peserta kursus menyewa sepeda. Hal ini disebabkan padatnya jadwal kursus yang diambil. Harga sewa sepeda sekitar Rp 50.000/bulan. Jika membeli terkadang dapat sepeda yang baik dengan harga murah sekitar Rp 80.000-250.000. pilih yang baik alias aman dipakai lho ya, bukan yang bagus. Karena terkadang sepeda-sepeda lama hanya dicat ulang. Jika membeli, setelah selesai kursus, kita bisa menjual kembali ke tempat awal membeli dengan harga turun sekitar 50%. Jika ingin tinggal lebih dari sebulan, sebaiknya membeli. Untuk menyewa maupun membeli mendapatkan pelayanan penuh dari penjual secara gratis, misalnya memperbaiki ban yang bocor maupun memperbaiki rantai yang putus.
Ada beberapa tempat refreshing yang biasa jadi tempat kongkow. Garuda park adalah tempat yang ramai hanya pada malam minggu. Tempat ini hanya berupa perempatan yang ditengah-tengahnya terdapat tugu dengan burung Garuda di puncaknya. Di sepanjang trotoar berubah menjadi tempat berjualan makanan mulai dari aneka gorengan, sea food atau lesehan lainnya.
Gua Sorowono adalah alternatif lainnya. Gua ini memiliki empat lorong yang dialiri air dengan tinggi dan lebar lorong yang berbeda. Lorong pertama, pengunjung masih bisa menyusurinya dengan berjalan. Tapi pada lorong keempat, pengunjung harus merangkak untuk melewatinya. Masih banyak lagi tempat refreshing lainnya.
Di sini juga ada beberapa ‘café’.  Hati-hati dengan tempat yang Anda masuki.
Oya, terkadang tempat kursus atau kos-kosan mengadakan study trip ke Bali, Lombok, Yogya, dan lain-lain.
Untuk mencapai Pare, bisa naik kereta api ekonomi jurusan Kediri. Berangkat setiap Pukul 07.00 dari Lempuyangan Yogyakarta dengan harga tiket sekitar Rp 23.000 atau  Parahyangan setiap pukul 06.00 dari stasiun Padalarang, Bandung dengan harga tiket sekitar Rp 38.000. Turun di stasiun Kediri. Lalu naik elep ke desa Tulungrejo, sekitar Rp 7.000.
Jika memilih naik travel yang akan menjemput di rumah kita dan mengantarkan hingga ke tempat yang kita tuju di Pare, harga sekitar Rp 100.000.
Selama belajar di Pare, kemajuan setiap orang akan berbeda dan tergantung pada setiap individu dan Pare bukanlah tempat yang pas bagi orang-orang yang telah memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup baik karena buku referensi yang digunakan adalah buku-buku grammar lama (terbit tahun 80an) dan tidak semua pengajarnya dengan latar belakang pendidikan bahasa Inggris.
Selain kursus bahasa Inggris ada juga kursus bahasa asing lainnya seperti Jepang atau Arab. Memang jumlahnya bisa dihitung jari.
Untuk informasi tentang Pare bisa menghubungi Pusat Informasi Pare (PIP). Kontak person Mukhtarom (081234471070, 087858793145, 081573457211)
Nomor telepon beberapa kursus di Pare:
1. The Awareness
Jl. Anyelir No. 31b Tulungrejo – Pare
Telp 085736308571 (Mr. Farouk)
Program: Pronunciation, Speaking, Listening dan Study Club (english area)
2. SMART
Jl. Flamboyan No. 182 A (pondok mogul) Tulungrejo – Pare
Telp (0354) 391505
Program: Grammar, Speaking, Pronoun, TOEFL, study club (english area)
3. The Daffodils
Jl. Dahlia 21 Tulungrejo – Pare
Telp (0354) 7043450
Program: Speaking, Pronun, Listening, English for Children (EFC)
4. ELFAST
Jl. Anggrek No.17 Pare – Kediri
Telp (0354)399844
Program: Grammar, Speaking, TOEFL, IELT

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

CLOCK

YM

Info Bisnis